CINDY AYU RAMADHANI PRATIWI, - (2023) PERAN PELATIH EKSTRAKURIKULER YOGA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AGAMA HINDU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011020_CINDY AYU RAMADHANI PRATIWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
PERAN PELATIH EKSTRAKURIKULER YOGA ALAMPENINGKATAN
KUALITAS PEMBELAJARAN AGAMA HINDU SISWA KELAS VIII
SMP NEGERI 8 DENPASAR
CINDY AYU RAMADHANI PRATIWI
Jurusan Pendidikan Agama
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: cindyayu1222@gmail.com
Pelaksanaan ekstrakurikuler yoga dapat berjalan baik dan lancar jika ada
guru atau pelatih/ instruktur yang mempunyai keterampilan yang memadai. Guru
Agama Hindu di SMP Negeri 8 Denpasar saat ini belum memiliki pemahaman
dan keterampilan yang optimal tentang yoga. Oleh karena itu, masih
menggunakan tenaga atau instruktur yoga dari luar SMP Negeri 8 Denpasar.
Berkenaan dengan itu dirumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana peran pelatih
ekstrakurikuler yoga dalam peningkatan kualitas pembelajaran Agama Hindu
kelas VIII SMP Negeri 8 Denpasar? (2) Bagaimana proses pelaksanaan
ekstrakurikuler yoga dalam peningkatan kualitas pembelajaran Agama Hindu
siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Denpasar? dan (3) Bagaimana implikasi
pelaksanaan ektrakulikuler yoga dalam peningkatan kualitas pembelajaran siswa
kelas VIII SMP Negeri 8 Denpasar? Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis
peran pelatih, proses pelaksanaan dan implikasi pelaksanaan ekstrakurikuler yoga
dalam peningkatan kualitas pembelajaran Agama Hindu kelas VIII SMP Negeri 8
Denpasar.
Teori yang digunakan yaitu teori peran, teori belajar behavior dan teori
konstruktivitas. Menggunakan jenis penelitian kualitatif, serta pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran pelatih ekstrakurikuler yoga dalam
peningkatan kualitas pembelajaran Agama Hindu siswa kelas VIII SMP Negeri 8
Denpasar adalah mempersiapkan bahan latihan dan melatih keterampilan yoga
asana, pranayama dan meditasi, (2) Proses pelaksanaan ekstrakurikuler yoga
dalam peningkatan kualitas pembelajaran Agama Hindu siswa kelas VIII SMP
Negeri 8 Denpasar, diawali dengan persembahyangan bersama di lapangan
sekolah, pemanasan atau peregangan, latihan asana, pranayama dan meditasi,
pengarahan pelatih dan diakhiri dengan penutupan dan acara bebas, dan implikasi
pelaksanaan ekstrakurikuler yoga dalam peningkatan kualitas pembelajaran
Agama Hindu siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Denpasar, meliputi peningkatan
kesehatan fisik, mental dan spiritual siswa, peningkatan kualitas pembelajaran
siswa dan peningkatan prestasi siswa.
Kata Kunci: Peran, ekstrakurikuler yoga, pembelajaran, Agama Hindu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:12 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:12 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/902 |