INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 2 DANGIN PURI

NI KOMANG ITA PURNAMI SARI, - (2023) INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 2 DANGIN PURI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011026_NI KOMANG ITA PURNAMI SARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
DI SD NEGERI 2 DANGIN PURI
NI KOMANG ITA PURNAMI SARI
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri
I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: Komangita58@gmail.com

Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan
secara sistematis untuk menanamkan nilai-nilai perilaku siswa yang terwujud dalam
pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuataan. Pembelajaran pendidikan agama
Hindu dan budi pekerti dalam penelitian ini adalah memberikan petunjuk atau tuntunan
untuk dituruti tentang aspek-aspek agama Hindu baik berfikir, berbicara, dan berbuat
sesuai dengan ajaran agama Hindu. Salah satu cara pengintegrasian pendidikan karakter
dapat dilakukan dengan pemuatan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk
pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama
Hindu dan budi pekerti di SD Negeri 2 Dangin Puri? (2) Kendala-kendala apa sajakah
yang dihadapi dalam pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter dalam
pembelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti di SD Negeri 2 Dangin Puri?
(3) Bagaimanakah implikasi pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter dalam
pembelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti di SD Negeri 2 Dangin Puri?.
Bagi sekolah penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai acuan dan pedoman dasar
bagi guru dalam menambah wawasan tentang pentingnya pendidikan karakter dalam
kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Teori Konstruktivisme
dan 2) Teori Behaviorisme. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, tenaga
pendidik, dan siswa SD Negeri 2 Dangin Puri. Metode pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, studi kepustakaan, wawancara, studi dokumen. Data yang telah

terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-
langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Temuan penelitian ini adalah nilai karakter pokok. Yang di diintegrasikan ke
dalam pembelajaran agama Hindu dan budi pekerti yaitu: nilai religius, gemar
membaca, disiplin, rasa inginTahu, toleransi, dan mandiri. Kendala yang dihadapi dalam
pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter berasal dari faktor internal dan faktor
eksternal. Implikasi pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter adalah sekolah
sebagai institusi, guru dan siswa.
Kata Kunci: Integrasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Agama Hindu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:12
Last Modified: 21 Oct 2025 02:12
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item
View Item