NI PUTU AYU NOVITA SARI, - (2023) IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DI KELAS 2 SD NO. 2 PERERENAN, KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011035_NI PUTU AYU NOVITA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI
DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DI KELAS 2
SD NO. 2 PERERENAN, KECAMATAN MENGWI,
KABUPATEN BADUNG
NI PUTU AYU NOVITA SARI
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri
I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-mail : putuayunovitas@gmail.com
Terjadinya masalah dalam dunia pendidikan terutama pada metode pembelajaran
yang terkesan monoton menyebabkan Guru Agama Hindu di SD No. 2 Pererenan,
Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung berinovasi untuk mengimplementasikan metode
bernyanyi dalam pembelajaran Agama Hindu di kelas 2 untuk menangkal permasalahan
pada pembelajaran Agama Hindu sehingga layak diteliti. Adapun masalah yang dikaji
dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimanakah bentuk implementasi metode bernyanyi
dalam pembelajaran Agama Hindu di kelas 2 SD No. 2 Pererenan, Kecamatan Mengwi,
Kabupaten Badung?, (2) Apa sajakah upaya implementasi metode bernyanyi dalam
pembelajaran Agama Hindu di kelas 2 SD No. 2 Pererenan, Kecamatan Mengwi,
Kabupaten Badung?, (3) Bagaimanakah dampak implementasi metode bernyanyi dalam
pembelajaran Agama Hindu di kelas 2 SD No. 2 Pererenan, Kecamatan Mengwi,
Kabupaten Badung?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan guru terkait
implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran Agama Hindu di kelas 2 SD No. 2
Pererenan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Teori yang digunakan yaitu teori
behaviorisme dan teori konstruktivisme. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data yang telah dikumpulkan
dianalisis dengan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk implementasi metode bernyanyi pada
pembelajaran Agama Hindu menggunakan tiga langkah, yaitu (1) perencanaan metode
bernyanyi, (2) pelaksanaan metode bernyanyi, dan (3) evaluasi metode bernyanyi. 2)
Kendala implementasi metode bernyanyi yaitu (1) kurangnya daya serap siswa, (2)
kurangnya motivasi belajar siswa. Upaya implementasi metode bernyanyi yaitu, (1)
menggunakan lirik lagu dengan bahasa yang sederhana, (2) menggunakan lagu yang
bervariasi sesuai tema pelajaran, (3) meciptakan suasana belajar yang menyenangkan, (4)
memberikan motivasi kepada siswa. 3) Dampak implementasi metode bernyanyi, yaitu
(1) bagi guru yaitu bertambahnya kreativitas guru dalam menerapkan metode
pembelajaran, (2) bagi siswa yaitu berkembangnya minat belajar siswa dan memudahkan
siswa menangkap makna pembelajaran.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Bernyanyi, Pembelajaran Agama Hindu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:12 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:12 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/905 |