PEMBELAJARAN BERORIENTASI TRI HITA KARANA DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 3 SABA, BLAHBATUH, GIANYAR

KOMANG AYU SRI ASTUTI, - (2023) PEMBELAJARAN BERORIENTASI TRI HITA KARANA DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 3 SABA, BLAHBATUH, GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011036_KOMANG AYU SRI ASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

ABSTRAK
PEMBELAJARAN BERORIENTASI TRI HITA KARANA DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 3 SABA, BLAHBATUH, GIANYAR

KOMANG AYU SRI ASTUTI

Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: komanayusriastuti11@gmail.com

Pembelajaran berorientasi dengan membentuk nilai karakter khususnya dengan menerapkan ajaran agama Hindu yakni Tri Hita Karana di sekolah dasar yang sangat berperan penting untuk mencakup strategi pembelajaran yang tepat di gunakan untuk memberi pembelajaran demi tercapainya keberhasilan untuk membentuk nilai karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan Strategi Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa, 2) Mendeskripsikan Proses Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa, 3) Menjabarkan Implikasi Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Dalam Membentuk Nilai Karakter Siswa. Teori yang digunakan yaitu 1) Teori Konstruktivisme. 2) Teori Kognitivistik, dan 3) Teori Behavioristik. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder Objek, penelitian yaitu Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Palam Membentuk Nilai Karakter Siswa Di SD Negeri 3 Saba, Blahbatuh, Gianyar den Subjek penelitian yain kepala sekolah dan guru Di SD Negeri 3 Saba. Dan dikumpulkan menggunakan Teknik observasi. wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui analisis dan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan penelitian menunjukkan 1) Guru memberikan pelajaran dengan metode bercerita berkaitan dengan parahyangan kepada pesera didik, guru mengajarkan peserta didik dalam pengucapan "OM SWASTYASTU” dan guru mengajarkan kepada para peserta didik baguimana cara untuk menumbuhkan kesadaran siswa untuk menaati tata tertib sekolah, serta guru mengajarkan siswa bagaimana cara meningkatkan kedisiplinan dan tanggungjawab dalam menjaga kebersihan alam lingkungan sekolah. 2) Diterapkan kurikulum, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. 3) Tumbuhnya sikap toleransi antara siswa, tumbuhnya sikap cinta kasih antara siswa, timbulnya rasa syukur dan terima kasih. Adanya sikap jujur antara siswa, adanya rasa tentang kebersihan lingkungan sekolah, terjadinya hubungan yang baik antara manusia dengan Tuhan, timbulnya sikap untuk mematuhi tata tertib, timbulnya sikap mandiri
Kata Kunci: Tri Hita Karana, Nilai Karakter, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:12
Last Modified: 21 Oct 2025 02:12
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item
View Item