NI KETUT WERNIATI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA LAGU DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IIISD NEGERI 1 SUMERTAPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011060_NI KETUT WERNIATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA LAGU DAERAH
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III
SD NEGERI 1 SUMERTA PADA PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Ni Ketut Werniati
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri
I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-mail: werniati298@gmail.com
Pemilihan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum memenuhi
semua kebutuhan siswa, hal tersebut mengakibatkan suasana belajar menjadi tidak
efektif sehingga berimplikasi pada hasil belajar yang tidak sesuai dengan harapan.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Hasil Belajar Siswa
menggunakan Model Pembelajaran Konvensional, (2) Hasil Belajar Siswa
menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan
Media Lagu Daerah, dan (3) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Snowball Throwing dengan Media lagu Daerah terhadap Hasil Belajar Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis Hasil Belajar Siswa
menggunakan Model Konvensional, (2) mengetahui dan menganalisis Hasil Belajar
Siswa menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Media
Lagu Daerah, (3) mengetahui dan menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Media Lagu Daerah terhadap Hasil
Belajar Siswa.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, pendekatan
penelitiannya yaitu kuantitatif, dan desain penelitian posttest only control group
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III berjumlah 54
orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif berupa pilihan
ganda yang terkait dengan materi Tari Keagamaan dan butir tesnya sebanyak 25
soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar menggunakan model
konvensional memiliki mean (rata-rata) nilai posttest sebesar 71,69, (2) Hasil
belajar menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing dengan media lagu
daerah memiliki mean (rata-rata) nilai posttest sebesar 78,85, dan (3) Hasil Uji-T
diperoleh 0,003 dan nilai Ttabel = 1,675, jadi Thitung > Ttabel = 3,090 > 1,675 dan
3,116 > 1,675 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan media lagu daerah terhadap
hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Media Lagu Daerah,
Hasil Belajar, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.
ABSTRACT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA LAGU DAERAH
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III
SD NEGERI 1 SUMERTA PADA PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
Ni Ketut Werniati
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri
I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-mail: werniati298@gmail.com
The selection of the learning model used by the teacher has not met all the
needs of students; this has resulted in an ineffective learning atmosphere, which has
implications for learning outcomes that are not in line with expectations.
The issues to be discussed include (1) student learning outcomes using the
conventional learning model; (2) student learning outcomes using the snowball
throwing type cooperative learning model with local song media; and (3) effects of
the snowball throwing type cooperative learning model with song media regions on
student learning outcomes. This study aims to (1) Know and analyze Student Learning
Outcomes using the Conventional Model, (2) Know and analyze Student Learning
Outcomes using the Snowball Throwing Type Cooperative Model with Regional Song
Media, (3) Know and analyze the Influence of the Snowball Throwing Type
Cooperative Learning Model with Regional Song Media on Student Learning
Outcomes.
The type of research used is quasi-experimental, the research approach is
quantitative, and the research design is posttest only control group design. The
population in this study were all students of class III, totaling 54 people. The data
collection technique used was an objective test in the form of multiple choice related
to Religious Dance material and the test items consisted of 25 questions.
The results showed that (1) learning outcomes using the conventional model
had a mean (average) posttest score of 71.69, (2) The results of learning using the
snowball throwing type cooperative model with regional song media have a mean
(average) posttest value of 78.85, and (3) T-test results obtained 0.003 and Ttable =
1.675, so Tcount > Ttable = 3.090 > 1.675 and 3.116 > 1.675 so it can be concluded
that there is an influence of the snowball throwing type of cooperative learning model
with folk song media on student learning outcomes.
Keywords: Snowball Throwing Learning Model, Traditional Song Media, Learning Outcomes, Hindu Religious Education and Morals.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:13 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/913 |