NILUH AYU PRANINGSIH, - (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011061_NILUH AYU PRANINGSIH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING
DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI
PEKERTI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 DENPASAR
NILUH AYU PRANINGSIH
NIM.1911011061
Program Studi Pendidikan Agama hindu
Jurusan Pendidikan agama, Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
luhayu119@gmail.com
Pedidikan merupakan salah satu hal penting dalam menentukan maju
mundurnya suatu bangsa, Modal Pembelajaran memegang peranan penting dalam
pencapaian Pendidikan, Model pembelajaran sangat menentukan tujuan Pendidikan
di SMA Negeri 3 Denpasar telah menerapkan Model Problem Solving dalam
pembelajaran Pendidikan Agama khususnya Pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti yang layak untuk di teliti. Adapun rumusan masalah yang dibahas antara
lain: Penelitian ini menjelaskan bentuk pelaksanaan kegiatan Pembelajaran dengan
menerapkan Model Problem Solving dalam Pembelajaran penerapan Model
Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
di kelas XI SMA Negeri 3 Denpasar. upaya guru dalam menerapkan Model
Problem Solving dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
di kelas XI SMA Negeri 3 Denpasar. dampak dari penerapan Model Problem
Solving dalam Pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti di kelas XI SMA
Negeri 3 Denpasar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu:
konstruktvisme, Behavioristik. jenis penelitian ini adalah dengan penelitian studi
kasus sedangkan pengumpulan data mengguakan beberapa teknik atau metode
yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan.
Hasil peneliti meunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Model
problem solving dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti
meliputi: Perecanaan, pelaksanaan dan refleksi pembelajaran. (2) Upaya guru
dalam menerapan model problem solving merupakan suatu proses pembelajaran
yang di gunakan di SMA Negeri 3 denpasar dalam penerapan ini ada beberapa
upaya-upaya yang dilakukan guru, upaya yang dilakukan yaitu: Upaya
mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan mempersiapkan media
pembelajaran yang memadai, serta pemecahan masalah dengan membentuk
kelompok kecil. (3) Dampak atau implikasi Model Problem Solving dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti ini menigkatkan motivasi
belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa memberikan dampak bagi guru,
siswa dan sekolah, dampak inilah yang akan memberikan respon dan hasil
pembelajaran pada siswa dan guru saat proses pembelajaran berlangsung di dalam
kelas dengan Model Problem Solving ini.
Kata kunci : Model Problem Solving Dalam Pembelajaran Agama Hindu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:13 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/914 |