PERAN ACARYA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI PASRAMAN WIDYA MARGA DESA MENDALANWANGI KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG PROVINSI JAWA TIMUR

MISTRIANI, - (2023) PERAN ACARYA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI PASRAMAN WIDYA MARGA DESA MENDALANWANGI KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011063_MISTRIANI .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

PERAN ACARYA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA
DI PASRAMAN WIDYA MARGA DESA MENDALANWANGI
KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG

PROVINSI JAWA TIMUR
Mistriani

Jurusan Pendidikan Agama Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa

Denpasar

E-mail: mistrianitroyyy@gmail.com

Pendidikan agama Hindu dapat dilakukan melalui pendidikan formal dan
nonformal. Salah satu pendidikan nonformalnya ialah di pasraman, dimana Acarya
sangatlah berperan penting dalam meningkatkan karakter siswa. Peran Acarya
tersebut membentuk tingkah laku siswa yang sebelumnya kurang baik menjadi
baik, dan yang sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain 1) Bagaimana proses
pembelajaran oleh Acarya dalam meningkatkan karakter siswa di Pasraman Widya
Marga?; 2) Bagaimanakah metode pembelajaran Agama Hindu dalam
meningkatkan karakter siswa di Pasraman Widya Marga?; dan 3) Apakah kendala
yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pembelajaran
Agama Hindu dalam meningkatkan karakter siswa di Pasraman Widya Marga?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh
Acarya dalam meningkatkan karakter siswa di Pasraman Widya Marga, metode
pembelajaran Agama Hindu dalam meningkatkan karakter siswa di Pasraman
Widya Marga, dan kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk
mengatasi kendala pembelajaran Agama Hindu dalam meningkatkan karakter siswa
di Pasraman Widya Marga. Adapun karakter yang dimaksud ialah karakter religius,
toleransi, peduli sosial, peduli lingkungan, tanggung jawab, dan jujur.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori belajar
sosial dari Albert Bandura dan teori behavioristik dari Skinner Metode
pengumpulan datanya ialah observasi non partisipan, wawancara tak berstruktur,
studi kepustakaan, dan studi dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah langkah reduksi, penyajian
data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Acarya dalam meningkatkan
karakter siswa sudah berjalan dengan baik dimana Acarya sebagai sumber
pengetahuan, teladan, dan motivasi. Acarya menggunakan beberapa metode dalam
proses pembelajaran yakni metode Sad Dharma. Kendala yang dihadapi dalam
meningkatkan karakter siswa meliputi faktor eksternal dan internal yang
diantisipasi dengan melakukan inovasi membuat media secara mandiri dan
menerapkan pendekatan secara personal (Upanisad).
Kata Kunci: Pasraman, Acarya, Karakter, Sad Dharma.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:13
Last Modified: 21 Oct 2025 02:13
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item
View Item