STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK PASRAMAN KILAT DESA BANUROJA-GORONTALO

I MADE SULASTRA, - (2023) STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK PASRAMAN KILAT DESA BANUROJA-GORONTALO. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011079_I MADE SULASTRA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan karakter moderasi beragama harus dimulai sejak dini, kususnya
didaerah atau lingkungan masyarakat yang heterogen seperti di Provinsi
Gorontalo. Pendidikan karakter moderasi beragama dilakukan melalui tiga ranah
yaitu pendidikan didalam keluarga, pendidikan di sekolah, dan pendidikan di
masyarakat. Dukungan masyararakat dalam pendidikan Agama Hindu ialah
melalui penyelenggaraan pendidikan non formal berupa pasraman. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk strategi penguatan pendidikan
karakter dalam membentuk sikap moderasi beragama, mengatahui kendala dan
upaya dan memahami implikasi. Metode penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pasraman Kilat Desa Banuroja.
Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, studi pustaka dan
studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini bentuk strategi penguatan
pendidikan karakter dalam membentuk sikap moderasi beragama di Pasraman
Kilat Desa Banuroja dilakukan dengan cara perencanaan pembelajaran, materi
pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Kendala meliputi menajemen
alokasi waktu, jarak yang harus ditempuh dan juga fasilitas pembelajaran. Upaya
yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut menerapkan pendekatan
personal untuk mengoptimalkan waktu pembelajaran, memberikan keleluasaan
waktu kepada peserta didik, memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki.
Implementasi karakter moderasi beragaman melalui sikap menghormati dan
menghargai, menerima perbedaan dan sikap toleran, tolong menolong, mau
berbagi, sopan satun, dan rendah hati. Implementasi dalam pembelajaran
dilakukan dengan metode dharma wacana, dharma tula dan dharma sadhana yang
dilakukan dengan latihan keterampilan.
Kata Kunci: Strategi Penguatan, Pendidikan Karakter, Sikap Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:14
Last Modified: 21 Oct 2025 02:14
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item
View Item