STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN HUMANIS PLURALIS SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KEDIRI, TABANAN

IDA AYU MELANIE SURYA, - (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN HUMANIS PLURALIS SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KEDIRI, TABANAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011080_Ida Ayu Melanie Surya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM
MEMBENTUK KEPRIBADIAN HUMANIS PLURALIS SISWA KELAS XI

DI SMA NEGERI 1 KEDIRI, TABANAN
IDA AYU MELANIE SURYA
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakulta Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: ayumelanie7@gmail.com

Tingkat kemajemukan yang sangat tinggi baik etnis, budaya, ras, bahasa dan
agama yang dimiliki masyarakat Indonesia merupakan suatu potensi sekaligus
sebuah ancaman yang sangat besar. Strategi-strategi yang diaktualisasikan dalam
lingkup pembelajaran dapat membantu siswa membentuk watak, mengembangkan
potensi diri kearah berpikir dan bertindak secara kritis dalam memecahkan konflik
sesuai dengan nilai-nilai dharma agama dan dharma Negara. Strategi Guru
Pendidikan Agama Hindu berperan sangat besar dalam memperkuat pemahaman
siswa mengenai keyakinan dan pemahaman multikultural yang baik dan benar.
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1)
Bagaimanakah Bentuk Strategi Guru Pendidikan Agama Hindu dalam
Membentuk Kepribadian Humanis Pluralis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1
Kediri, Tabanan? 2) Bagaimakah Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dalam
Membentuk Kepribadian Humanis Pluralis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1
Kediri, Tabanan 3) Bagaimanakah Tantangan Guru Agama Hindu dalam
Membentuk Kepribadian Humanis Pluralis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1
Kediri, Tabanan?
Teori yang dipakai adalah multikulturalisme, teori rangsangan balas, teori
humanistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian yang dipilih yaitu di SMA Negeri 1
Kediri, Tabanan. Teknik penentuan informan menggunakan Teknik purposive
sampling serta menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi serta menggunakan Teknik
analisis data dari Miles dan Hubermen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) strategi guru pendidikan agama
Hindu dalam membentuk kepribadian humanis pluralis siswa kelas XI di SMA
Negeri 1 Kediri, Tabanan dilakukan melalui tiga jenis kegiatan yaitu kegiatan
intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler. 2) Peran guru pendidikan agama
Hindu dalam membentuk kepribadian humanis pluralis siswa kelas XI di SMA
Negeri 1 Kediri, Tabanan diantaranya, peran guru sebagai fasilitator, motivator,
pembimbing dan pendidik. 3) Tantangan guru guru pendidikan agama Hindu
dalam membentuk kepribadian humanis pluralis siswa kelas XI di SMA Negeri 1
Kediri, Tabanan yaitu tantangan dalam menghadapi pengaruh globalisasi dan
tantangan dalam menghadapi sikap etnosentrisme.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kepribadian Humanis Pluralis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:14
Last Modified: 21 Oct 2025 02:14
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item
View Item