NI PUTU CHIKA ARISTIA SANTI, - (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA KELAS X DI SMA NEGERI 2 KUTA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011081_Ni Putu Chika Aristia Santi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU
DAN BUDI PEKERTI PADA KELAS X
DI SMA NEGERI 2 KUTA
Ni Putu Chika Aristia Santi
Nim. 1911011081
Prodi Pendidikan Agama Hindu
Jurusan Pendidikan Agama, Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Chikaaristia211@gmail.com
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang diterapkan SMA Negeri 2
Kuta pada kelas X memiliki kendala yang cukup berarti pada proses perencanaan,
proses pembelajaran dan proses evaluasi yang dimana memerlukan pemecahan
masalah yang bersifat inovatif guna kelancaran dari penerapan Kurikulum Merdeka
Belajar. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan guru
terhadap penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti pada kelas X di SMA Negeri 2 Kuta, (2)
Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam
penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada kelas X di SMA Negeri 2 Kuta, (3)
Evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam
penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada kelas X di SMA Negeri 2 Kuta. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang
digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pada teknik penentuan informan
dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan
dan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian dan analisis data menujukkan bahwa (1) Perencanaan
guru dilaksanakan dengan merencanakan Modul Aajar, Modul P5 dan Perencanaan
Jam Pelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik oleh
guru maupun peserta didik, walaupun di dalamnya terdapat kendala namun kendala
tersebut sudah diatasi dengan upaya yang baik, (3) Evaluasi pembelajaran yang
diterapkan jenis penilaian formatif menggunakan bentuk evaluasi tes tulis esay dan
tes lisan, jenis penilaian sumatif menggunakan bentuk evaluasi tes tulis yaitu
pilihan ganda, menjodohkan dan esay, penilaian dimensi profil pelajar Pancasila
menggunakan bentuk evaluasi non tes berupa menilai perkembangan kemampuan
dan karakter peserta didik dengan mengacu pada enam dimensi profil pelajar
Pancasila.
Kata Kunci: Impementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Guru Pendidikan
Agama Hindu, dan Budi Pekerti, Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:14 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/921 |