IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS VII SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR

I PUTU SUKARDI PUTRA, - (2023) IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS VII SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011097_I PUTU SUKARDI PUTRA..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM MEMOTIVASI SISWA
BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS VII

SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR
I PUTU SUKARDI PUTRA
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri
I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: Sukardiputraaaa@gmail.com

Media gambar adalah alternatif dari sarana pembelajaran interaktif serta
inspiratif bagi siswa dan guru Pendidikan Agama Hindu lainnya. Selain
meningkatkan motivasi belajar, penggunaan gambar multimedia juga memberikan
kontribusi pemahaman materi yang lebih baik oleh siswa. Adapun masalah yang
akan dibahas anatar lain (1) bagaimana implementasi media gambar dalam
memotivasi siswa belajar Pendidikaan Agama Hindu? (2) bagaimana kendala
penggunaan media gambar dalam memotivasi siswa belajar Pendidikan Agama
Hindu? (3) bagaimana upaya megatasi kendala penggunaan media gambar dalam
memotivasi siswa belajar Pendidikan Agama Hindu?. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui implementasi media gambar dalan memotivasi siswa belajar
Pendidikan Agama Hindu, mengetahui kendala penggunaan media gambar dalam
memotivasi siswa belajar Pendidikan Agama Hindu, mengetahui upaya megatasi
kendala penggunaan media gambar dalam memotivasi siswa belajar pendidikan
agama hindu. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran behavioristik yang
dikembangkan oleh Thorndike, teori motivasi Maslow, teori kognitif yang
dikembangkan oleh Jean Piaget. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama
Hindu dan siswa kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Metode
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi
kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis
deskriptif kualitatif dengan langkah langkah reduksi, penyajian data, dan
penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) implementasi penggunaan
media gambar ada 3 yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (2) kendala
yang muncul: kendala dihadapi guru yaitu: kurangnya pengetahuan guru tentang
IT, Memerlukan waktu yang lebih lama, disiplin siswa, Kendala yang dihadapi
oleh siswa yaitu: Rendahnya Minat belajar, Kurangnya konsentrasi, dan Kendala
pada fasilitas sekolah (3) upaya yang dilakukan: upaya yang dilakukan oleh guru,
upaya yang dilakukan siswa, dan upaya yang dilakukan oleh sekolah. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah setelah diterapkannya media gambar dalam Pendidikan
Agama Hindu membuat pembelajaran lebih efektif dan meyenangkan.
Kata kunci: Impementasi, Media Gambar, Motivasi Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:14
Last Modified: 21 Oct 2025 02:14
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item
View Item