DESAK NENGAH JULIARIANI, - (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AJARAN TRI KAYA PARISUDHA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TEGALBADENG TIMUR JEMBRANA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011104_DESAK NRNGAH JULIARIANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AJARAN TRI
KAYA PARISUDHA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2
TEGALBADENGTIMUR
JEMBRANA
DESAK NENGAH JULIARIANI
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Jurusan Pendidikan Agam Fakultas Dharma Acarya
UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-mail: desakjuliarianii@gmail.com
Karakter merupakan watak seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi.
Dalam proses pembelajaran dalam mencapai tujuan mewujudkan siswa yang
berkarakter maka dibutuhkan strategi yang dapat membentuk karakter siswa
melalui ajaran tri kaya parisudha.
Berdasarkan dengan hal tersebut, maka yang dikaji dalam skripsi ini yakni:
(1) Strategi guru dalam implementasi pendidikan karakter berbasis ajaran tri kaya
parisudha di SD Negeri 2 Tegalbadeng Timur (2)Hambatan-hambatan yang
dihadapi oleh guru dalam pengimplementasian pendidikan karakter berbasis ajaran
tri kaya parisudha di SD Negeri 2 Tegalbadeng Timur Jembrana. (3) Upaya-upaya
yang dilakukan oleh guru untuk menanggulangi hambatan-hambatan dalam
pengimplementasian pendidikan karakter berbasis ajaran tri kaya parisudha di SD
Negeri 2 Tegalbadeng Timur.
Teori yang digunakan dalam menganalisis masalah adalah teori karakter,
teori behavioristik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi Pustaka, data yang
dikumpulkan dianalisis dengan metode deskriptif dengan langkah-langkah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa implementasi pendidikan karakter
berbasis ajaran tri kaya parisudha di SD Negeri 2 Tegalbadeng Timur meliputi: (1)
implementasi pendidikan karakter dalam bidang manacika parisudha (2)
implementasi dalam bidang wacika parisudha (3) implementasi pendidikan
karakter dalam bidang kayika parisudha. Hambatan-hambatan yang mempengaruhi
dalam implementasi pendidikan karakter berbasis ajaran tri kaya parisudha yaitu
sarana pembelajaran, dan kedisiplinan siswa. Upaya-upaya yang dilakukan oleh
guru dalam menanggulangi hambatan-hambatan dalam implementasi pendidikan
karakter berbasis ajaran tri kaya parisudha yaitu melakukan pelatihan untuk guru,
guru menambah wawasan dengan buku-buku dan melakukan pendekatan lebih
intensif pada siswa.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan, Karater, Tri Kaya Parisudha
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:14 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/925 |