INTERNALISASI AJARAN TAT TWAM ASI DALAM CERITA ITIHASA-MAHABHARATA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS VI SD DWIJENDRA DENPASAR

I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA WIDNYANA, - (2023) INTERNALISASI AJARAN TAT TWAM ASI DALAM CERITA ITIHASA-MAHABHARATA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS VI SD DWIJENDRA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011114_I Gusti Agung Bagus Angga Widnyana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

INTERNALISASI AJARAN TAT TWAM ASI DALAM
CERITA ITIHASA-MAHABHARATA PADA PESERTA
DIDIK DI KELAS VI SD DWIJENDRA DENPASAR

I Gusti Agung Bagus Angga Widnyana
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: agunganggawidnyana@gmail.com

Proses Internalisasi adalah suatu proses pemasukan nilai pada diri seseorang
atau individu yang akan membentuk pola pikirnya dalam melihat makna realitas
pengalaman. Dengan menimbang fenomena tersebut, penelitian dalam hal ini
mengangkat penelitian ini dengan judu “Internalisasi Ajaran Tat Twam Asi Pada
Cerita Itihasa-Mahabharata Dalam Penguatan Karakter Hindu Pada Peserta Didik
di Kelas VI SD Dwijendra Denpasar”.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1)

Ajaran Tat Twam Asi apa sajakah yang terkandung dalam Cerita Itihasa-
Mahabharata pada peserta didik di kelas VI SD Dwijendra Denpasar? 2)

Bagaimanakah proses membentuk karakter melalui ajaran Tat Twam Asi dalam
Cerita Itihasa-Mahabharata pada peserta didik di kelas VI SD Dwijendra
Denpasar? 3) Apa sajakah Kendala dan Upaya yang di hadapi dalam meng
Internalisasi ajaran Tat Twam Asi dalam Cerita Itihasa-Mahabharata pada peserta
didik di kelas VI SD Dwijendra Denpasar?
Teori yang di pakai adalah teori Nilai, teori Konstruktivistik, dan teori
Karakter. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian yaitu di SD Dwijendra Denpasar.
Teknik penentuan informan yang dipilih yaitu teknik Purposif sampling serta
menggunakan teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Ajaran Tat Twam Asi yang
terkandung dalam Cerita Itihasa Mahabharata pada Peserta didik di kelas VI SD
Dwijendra Denpasar 2) Proses pembentukan karakter melalui ajaran Tat Twam
Asi dalam Cerita Itihasa-Mahabharata pada peserta didik di kelas VI SD Dwijendra Denpasar untuk 3) Kendala dan Upaya yang di hadapi dalam meng-
Internalisasi ajaran Tat Twam Asi dalam Cerita Itihasa-Mahabharata pada peserta didik di kelas VI SD Dwijendra Denpasar.

Kata Kunci: Internalisasi Ajaran Tat Twam Asi, Cerita Itihasa-
Mahabharata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:14
Last Modified: 21 Oct 2025 02:14
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item
View Item