NI WAYAN WIDYANI, - (2023) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA MELALUI AJARAN TRI HITA KARANA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011125_NI WAYAN WIDYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA
MELALUI AJARAN TRI HITA KARANA
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGLI
NI WAYAN WIDYANI
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E mail: wayanwidyani21032001@gmail.com
Guru memegang peranan penting dalam pendidikan untuk mengembangkan
aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) psikomotorik (keterampilan) siswa.
Oleh karena itu, guru tidak hanya dituntut untuk mampu menransfer pengetahuan,
tetapi guru juga dituntut untuk dapat memberikan pendidikan karakter kepada
siswa. Salah satu guru yang identik dengan pendidikan karakter yaitu guru
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti karena dalam pembelajarannya guru
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dapat memberikan wejangan dan
menyampaikan ajaran agama Hindu yang dapat diimplementasikan untuk
mengembangkan karakter siswa. Salah satu ajaran yang dapat diimplementasikan
untuk mengembangkan karakter baik yang telah ada dalam diri siswa yaitu ajaran
Tri Hita Karana.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimana strategi guru
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan ajaran Tri
Hita Karana untuk mengembangkan karakter siswa di SMP Negeri 1 Bangli?
(2) Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang dikembangkan melalui
pengimplementasian ajaran Tri Hita Karana di SMP Negeri 1 Bangli?
(3) Bagaimana dampak pengimplementasian ajaran Tri Hita Karana terhadap
pengembangan karakter siswa di SMP Negeri 1 Bangli. Penelitian ini bertujuan
untuk memperoleh informasi yang akurat dan gambaran yang objektif mengenai
peranan guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam mengembangkan
karakter siswa melalui ajaran Tri Hita Karana, sehingga dapat memberi
pemahaman kepada para pembaca terkait pentingnya ajaran agama Hindu untuk
mengembangkan karakter siswa.
Jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang
digunakan untuk menganalisis masalah yaitu: teori behavioristik dari Gege dan
Berliner, teori karakter dari Thomas Lickona, dan teori motivasi dari Abraham
Maslow. Subjek penelitian ini yaitu Guru Pendidikan Agama Hindu, siswa dan
Kepala SMP Negeri 1 Bangli. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu:
observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-
langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi guru Pendidikan agama Hindu
dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan ajaran Tri Hita Karana untuk
mengembangkan karakter siswa di SMP Negeri 1 Bangli yaitu dalam penanaman
ajaran Tri Hita Karana guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
menggunakan model pembelajaran kooperatif cooperative learning) dengan
pendekatan saintifik, metode ceramah dan diskusi, serta strategi pembelajaran
kooperatif. Adapun strategi guru Pendidikan Agama Hindu dalam mengembangkan
karakter siswa melalui ajaran Tri Hita Karana di SMP Negeri 1 Bangli yaitu:
menanamkan ajaran Tri Hita Karana kepada siswa melalui pembelajaran di kelas
dan di luar kelas, mengajak siswa terjun ke acara-acara terkait pengimplementasian
ajaran Tri Hita Karana, dan melaksanakan program penguatan karakter siswa
terkait ajaran Tri Hita Karana. Peranan guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti dalam mengimplementasikan ajaran Tri Hita Karana untuk
mengembangkan karakter siswa di SMP Negeri 1 Bangli yaitu: guru Pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti sebagai pengajar untuk menanamkan ajaran Tri
Hita Karana, guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti sebagai pendidik
karakter siswa, dan guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti sebagai
motivator, tauladan dan pemberi contoh dalam pengimplementasian ajaran Tri Hita
Karana. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan melalui
pengimplementasian ajaran Tri Hita Karana di SMP Negeri 1 Bangli yaitu: religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat
(komunikatif), cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan
tanggung jawab. (3) Dampak pengimplementasian ajaran Tri Hita Karana terhadap
pengembangan karakter siswa di SMP Negeri 1 Bangli yaitu: berkembangnya
karakter siswa, meningkatnya kesadaran siswa untuk menjalankan ajaran
agamanya, meningkatnya kepedulian siswa terhadap sesama, meningkatnya
kepedulian siswa terhadap lingkungan, dan terciptanya keharmonisan.
Kata kunci: Peranan Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,
karakter siswa, ajaran Tri Hita Karana.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:15 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/934 |