NI MADE LILIS YUKA DEWI, - (2023) STRATEGI GURU AGAMA HINDU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NILAI RELIGIUS SISWA KELAS V DI SD NO.4 GULINGAN KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011126_NI MADE LILIS YUKA DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI GURU AGAMA HINDU DALAM
PEMBENTUKANKARAKTER NILAI RELIGIUS SISWA KELAS V
DI SD NO.4 GULINGAN KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG
NI MADE LILIS YUKA DEWI
Jurusan Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : lilisyuka@gmail.com
Strategi guru merupakan usaha guru melalui sebuah konsep yang
digunakan dalam mewujudkan sebuah tujuan yang ingin dicapai, karena strategi
yaitu sebuah rencana yang digunakan oleh seorang guru agar mempermudah
dalam mendidik peserta didik, dalam hal ini strategi seorang guru dalam
menumbuh kembangkan rasa nilai religius siswa. Adapun masalah yang akan
dibahas antara lain (1) Bagaimanakah strategi guru Agama Hindu dalam
memberikan pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerthi kepada siswa kelas V di
SD No.4 Gulingan Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung? (2) Apa saja kendala
yang dihadapi guru Agama Hindu dalam pembentukan karakter nilai religius
siswa kelas V di SD No.4 Gulingan Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung?, (3)
Bagaimanakah upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru Agama Hindu
dalam pembentukan karakter nilai religius siswa kelas V Di SD No.4 Gulingan
Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung?. Adapun jenis penelitian yang digunakan
yaitu penelitian kualitatif dengan teori pertama yaitu teori konstruktivisme
dikembangkan oleh Piaget untuk membedah rumusan pertama yaitu strategi guru
Agama Hindu dalam memberikan pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerthi
kepada siswa kelas V di SD No.4 Gulingan Kecamatan Mengwi Kabupaten
Badung, teori Humanistik menurut Carl Rogers untuk membedah rumusan kedua
yaitu kendala-kendala yang dihadapi dalam pembentukan karakter nilai religius
siswa kelas V di SD No.4 Gulingan, dan teori peran untuk membedah rumusan
ketiga yaitu upaya guru agama Hindu dalam pembentukan karakter nilai religius,
metode pengumpulan data yang digunakan observasi non partisipan, wawancara
berstruktur, dan kepustakaan. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis
deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) strategi guru agama
Hindu dalam memberikan pelajaran agama Hindu dan Budhi Pekerti yaitu model
pembelajaran kooperatif, afektif dan kontekstual (2) kendala dalam pembentukan
karakter nilai religius yaitu kendala internal dan kendala eksternal (3) Upaya
dalam pembentukan karakter nilai religius siswa melalui penanaman nilai
Moderasi Beragama, nilai Tri Hita Karana dan nilai Tri Kaya Parisudha, didasari
pada analisis masalah dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Strategi Guru Agama Hindu, Pembentukan karakter, Nilai
Religius
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:15 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/935 |