PENERAPAN MEDIA VIDEO BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 8 DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023

IDA BAGUS MADE SUJANA, - (2023) PENERAPAN MEDIA VIDEO BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 8 DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011128_IDA BAGUS MADESUJANA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN MEDIA VIDEO BASED LEARNING PADA
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3
SMA NEGERI 8 DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Ida Bagus Made Sujana
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri
I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E.mail: madesujana753@gmail.com

Media Video Based Learning memiliki kelebihan, yaitu lebih efektif dan
efisien, dan mendukung proses pembelajaran lebih aktif. Dalam proses
pembelajaran di SMA Negeri 8 Denpasar saat ini belum seperti yang diharapkan
karena hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Denpasar belum mencapai
ketuntasan yang ditetapkan sebagaimana mestinya. Adapun masalah yang akan di
bahas antara lain (1) Bagaimanakah bentuk penerapan Media Video Based Learning
pada Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Hasil
belajar Siswa (2) Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan Media Video
Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk (1)Mengetahui bentuk Penerapan Media Video Based Learning pada
Pembelajaran Pendidikan Agama dan budi pekerti (2) Menganalisis tingkat respon
siswa terhadap penerapan Media Video Based Learning dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan teori (1) Teori konstruktivisme (2) Teori
Kerucut Pengalaman. Subjek penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI IPA 3
SMA Negeri 8 Denpasar. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes,
wawancara dan observasi. Data nilai siswa yang telah terkumpul di analisis secara
kuantitatif. Hasil data yang diperoleh menunjukan peningkatan hasil belajar dari
siklus I terdapat 23 siswa atau 51,1% siswa yang belum tuntas dan 22 siswa tuntas
(48,8%) meningkat pada siklus II 45 siswa tuntas (100%) serta semua siswa
mendapat nilai tuntas. Respon siswa sangat positif mereka menyukai pembelajaran
berbasis video dikarenakan mudah dipahami dan menyenangkan. Disarankan
kepada guru pendidikan agama hindu dan budi pekerti untuk menjadikan media
Video Based Learning sebagai pilihan alternatif sehingga mengikuti perkembangan
pendidikan.
Kata kunci: Media, Video, Agama Hindu, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:15
Last Modified: 21 Oct 2025 02:15
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item
View Item