PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NO 5 PELAGA BADUNG

I KADEK ARSANA, - (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NO 5 PELAGA BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011136_I Kadek Arsana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU

DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN

PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

NO 5 PELAGA BADUNG
I KADEK ARSANA
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Jurusan Pendidikan Agama Hindu

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E-mail: kdkarsx@gmail.com

Peranan guru sangat penting dalam pembentukan karakter pada siswa di
sekolah, dengan pendidikan karakter akan menciptakan siswa yang baik, seperti
tanggung jawab dan jujur. Maka dalam penelitian ini yang dikaji yaitu. 1)
Bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Hindu dalam membentuk karakter
disiplin pada siswa kelas IV di SD No 5 Pelaga Badung. 2) Apa saja kendala yang
dihadapi guru Pendidikan Agama Hindu dalam membentuk karakter disiplin pada
siswa kelas IV di SD No 5 Pelaga Badung. 3) Bagaimana dampak dari pembentukan
karakter disiplin pada siswa kelas IV di SD No 5 Pelaga Badung. Teori yang
digunakan dalam menganalisis rumusan masalah adalah teori kontruktivisme, teori
kovergensi dan behavioristik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang

dikumpulkan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan langkah-
langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian peranan guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas IV di SD No 5 Pelaga Badung.
1) Guru agama Hindu sebagai pendidik. 2) Guru agama Hindu sebagai pengajar.
3) Guru agama Hindu sebagai pembimbing. Kendala yang dihadapi yaitu faktor
internal dan eksternal. Dampak yang ditimbulkan dari penelitian ini yaitu sikap
cinta kasih antar siswa, disiplin dan terlaksana konsep ajaran Trikaya Parisudha

Kata Kunci: Peranan guru, Membentuk karakter Disiplin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:15
Last Modified: 21 Oct 2025 02:15
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item
View Item