PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAD DHARMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPA DAN IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS SARASWATI 1 DENPASAR

NI WAYAN SUNIA RIASIH, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAD DHARMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPA DAN IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PAH_Ni Wayan Sunia Riasih_1911011046.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAD DHARMA
DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK
DI KELAS XI IPA DAN IPS SEKOLAH MENENGAH

ATAS SARASWATI 1 DENPASAR
NI WAYAN SUNIA RIASIH

Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: suniriasih@gmail.com

Pendidikan karakter merupakan salah satu peran lembaga pendidikan untuk
membina generasi muda bangsa agar berperilaku baik dan benar sesuai dengan
norma yang berlaku dalam masyarakat. Didalam ajaran agama hindu terdapat
berbagai metode untuk membentuk karakter peserta didik yang baik. Salah satu
diantaranya adalah dengan metode pembelajaran Sad Dharma, metode
pembelajaran Sad Dharma meliputi: (1). Dharma Wacana, (2). Dharma Tula. (3).
Dharma Gita, (4). Dharma Yatra, (5). Dharma Sad Dhana, (6). Dharma Shanti.
Sekolah Menengah Atas Saraswati 1 Denpasar merupakan salah satu Sekolah
Menengah Atas yang berbasis IPTEK dan sudah menerapkan metode pembelajaran
sad dharma pada mata pelajaran khususnya Pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti sehingga peserta didik yang bersekolah disana mampu menerapkan karakter
yang baik.
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, penelitian telah merumuskan
3 masalah yaitu: (1) Bagaimanakah potensi penerapan metode pembelajaran sad
dharma di dalam membentuk karakter peserta didik di kelas XI IPA dan IPS
Sekolah Menengah Atas Saraswati 1 Denpasar (2) Apakah kendala yang dihadapi
dalam penerapan metode pembelajaran sad dharma dalam membentuk karakter
peserta didik di kelas XI IPA dan IPS Sekolah Menengah Atas Saraswati 1
Denpasar (3) Bagaimanakah upaya dalam mengatasi kendala penerapan metode
pembelajaran sad dharma dalam membentuk karakter peserta didik di kelas XI IPA
dan IPS Sekolah Menengah Atas Saraswati 1 Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah: Teori Behavioristik, Teori
Humanistik, Teori Motivasi. Subjek penelitian adalah Penerapan metode
pembelajaran sad dharma, Karakter peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi melalui informan
dari objek yang diteliti.

x

Hasil penelitian adalah: (1) Penerapan metode pembelajaran sad dharma dalam
membentuk karakter peserta didik dengan metode ini peserta didik dapat
menanamkan nilai-nilai keagamaan di dalam diri yang bertujuan untuk membentuk
karakter yang baik. (2) Kendala- kendala yang di hadapi dalam penerapan metode
pembelajaran sad dharma yaitu Kurangnya pengetahuan tentang agama, Sraddha,
Bhakti, Faktor Lingkungan Keluarga, dan SDM Sarana dan Prasarana. (3) Upaya
dalam mengatasi kendala penerapan metode pembelajaran sad dharma dalam
membentuk karakter peserta didik melalui penguatan Sraddha dan Bhakti,
penguatan sikap sosial.
Kata Kunci: Penerapan metode sad dharma, karakter peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:15
Last Modified: 21 Oct 2025 02:15
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item
View Item