I PUTU PANDE EDI, - (2022) PERAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN BADUNG DALAM PEMASARAN PARIWISATA DI DAYA TARIK WISATA KAWASAN LUAR PURA TAMAN AYUN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1813081041_I PUTU PANDE EDI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Pandemi covid-19 menyebabkan turunan kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Badung, termasuk juga di Daya Tarik Wisata Kawasan Luar Pura Taman Ayun, Dinas Pariwisata Kabupaten Badung sebagai organisasi yang memiliki wewenang dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang akan menentukan arah pembangunan dan perkembangan pariwisata pada tatanan kehidupan era baru. Salah satu aspek yang menjadi wewenang dari Dinas Pariwisata Kabupaten Badung adalah aspek pemasaran, termasuk juga pada pemasaran di Daya Tarik Wisata Kawasan Luar Pura taman Ayun, bagaimanakah kebijakan/program yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata, dan bagimana peran
kebijakan/program tersebut dalam pemasaran di daya tarik wisata Kawasan Luar Pura Taman Ayun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Priwisata dalam pemasaran di daya tarik wisata Kawasan Luar Pura Taman Ayun. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dari penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix method), analisis kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi potensi daya tarik wisata kawasan Luar Pura Taman Ayun, faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran oleh Dinas pariwisata dan Peran Dinas Pariwisata dalam Pemasaran sedangkan analisis kuantitatif diperoleh dari hasil kuesioner yang telah disebar sebanyak 50 responden untuk pengunjung dan 11 responden kepada sumber daya manusia bidang pengembangan pemasaran pariwisata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi -potensi yang dimiliki Daya Tarik Wisata Kawasan Luar Pura Taman Ayun yaitu potensi alam berupa halaman yang asri dan berbagai jenis Flora, Potensi budaya berupa Pura Taman Ayun sebagai warisan budaya dunia, Cagar Budaya, Festival Barong, dan Air mancur, potensi buatan berupa Theater (Short Documentary Movie Persentation), Photography/Paintings (Art Gallery). Faktor pendukung pada lingkungan internal dalam strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Badung ada penawaran produk melalui strategi pemasaran oleh Bidang Pemasaran Pariwisata pada Tatanan Kehidupan Era Baru, penerapan Protokol kesehatan & CHSE sesuai prosedur sesuai prosedur, kebijakan penawaran harga tiket masuk untuk wisatawan pada suatu daya tarik di Kabupaten Badung, aktivitas pemasaran melalui promosi yang memanfaatkan media sosial sangat efektif pada tatanan kehidupan era baru. Peran Dinas Pariwisata sebagai Regulator yaitu mengeluarkan kebijakan/peraturan seperti Penerapan protokol kesehatan di seluruh daya tarik wisata di Kabupaten Badung melalui sertivikasi, kebijakan PPKM, yang diupdate secara berkala menyesuaikan dengan surat edaran dari Dinas Provinsi Bali, Sebagai Fasilitator seperti menyediakan event Gathering Kepariwisataan yang diikutii oleh pengelola DTW Pura Taman Ayun secara online, promosi digital lewat video, akan tetapi unutuk DTW Pura Taman Ayun masih belom dilaksanakan, dan Penentuan harga tiket, harga tiket untuk wisatawan dan 25% dari seluruh penjualan tiket diserahkan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Badung.
Kata Kunci : Dinas Pariwisata, Pemasaran Wisata, Pura Taman Ayun
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan |
Depositing User: | ulan |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:16 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:16 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/945 |