STRATEGI PEMASARAN DEDARY RESORT UBUD PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KENDERAN KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR

NI NYOMAN LELYANA, - (2022) STRATEGI PEMASARAN DEDARY RESORT UBUD PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KENDERAN KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1813081061_NI NYOMAN LELYANA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Dedary Resort Ubud merupakan akomodasi pariwisata yang berlokasi di Banjar Pinjul, Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar. Dedary Resort Ubud diperkenalkan sebagai akomodasi bagi wisatawan dengan tingkat kunjungan yang mengalami penurunan secara drastis dan signifikan. Hal ini diakibatkan oleh adanya pandemi Covid-19. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Faktor – faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran, 2) Bagaimanakah tingkat kepuasan wisatawan terhadap strategi pemasaran yang telah diterapkan, dan 3) Bagaimanakah strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh Dedary Resort Ubud di Banjar Pinjul, Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix method) dengan menggunakan teori bauran pemasaran dan teori perilaku konsumen. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan Internal Eksternal, Analisis SWOT serta analisis kepuasan wisatawan yang berkunjung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung pada lingkungan eksternal adalah kondisi saat ini, mata uang, pemasaran yang dilakukan, daya beli wisatawan dan persaingan, sedangkan faktor penghambatnya yaitu dukungan pemerintah masih kecil, persaingan antar objek dan regulasi terhadap operasional. Lingkungan internal Dedary Resort Ubud memperoleh nilai 3,62 dan lingkungan eksternal memperoleh 3,39. Kepuasan wisatawan pada kuesioner berada pada skala 4,06 yang menunjukkan tingkat kepuasan wisatawan terhadap Dedary Resort Ubud merasa sangat puas. Pemasaran yang telah dilakukan oleh Dedary Resort Ubud adalah dengan memaksimalkan promosi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan memperkuat boost ads. Untuk mendukung promosi tersebut, Dedary Resort Ubud menjalin kerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk yang dimiliki.
Rekomendasi yang perlu diterapkan dalam pemasaran Dedary Resort Ubud adalah dengan menerapkan hasil dari grand strategy yang diperoleh melalui analisis matrik internal– eksternal (IE) berada pada posisi sel I yang artinya tumbuh dan bina yaitu strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pandemi Covid-19, Kepuasan Wisatawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan
Depositing User: ulan
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:42
Last Modified: 27 Oct 2025 03:42
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item
View Item