IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI KELAS V SD DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WAYAN SUWENO, - (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI KELAS V SD DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171101134_WAYAN SUWENO.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Proses pembelajaran pasti akan terdapat beberapa kendala yang dialami yang akan mengakibatkan proses pembelajaran kenjadi kurang efektif dan efisien yang diakibatkan oleh situasi dan kondisi yang dialami pada masa-masa tertentu. Dengan demikian pendidikan dan proses pembelajaran yang dilakukan harus relevan dengan perkembangan jaman dan situasi kondisi yang dialami agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai secara maksimal dan efektif seperti keadaan saat ini dimana dampak dari COVID-19 proses pembelajaran harus dilakukan via Online atau Daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti yang dilakukan pada kelas V di SD Dwijendra (2) hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran serta (3) upaya yang dilakukan agar pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan dapat berjalan dengan lebih baik. Tujuan penelitian: tujuan umum (1) mengetahui penerapan atau Implementasi pembelajaran yang dilakukan dalam membentuk Daring pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu yang dilaksanakan di SD Dwijendra, tujuan khusu (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan Daring yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di kelas V SD Dwijendra Denpasar, (2) mengetahui hambatan apa yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti di SD Dwijendra, (3) mengetahui Bagaimana upaya yang dapat dilakukan agar pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan.
Teori yang digunakan adalah : Teori Konstruktivisme, Teori Behavioristik, dan Teori Motivasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Agama Hindu, orang tua siswa, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan observasi, studi dokumen, wawancara dan Studi kepustakaan. metode analisis data deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pembelajaran daring pada mata Pelajaran pendidikan agama Hindu Dan Budi Pekerti pada kelas V SD Dwijendra Denpasar meliputi tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. (2) hambatan dalam proses pembelajaran secara daring pada mata pelajaran Pendidikan agama Hindu Dan Budi Pekerti Di SD Dwijendra Denpasar yaitu, faktor penghambat yang dialami oleh siswa, faktor penghambat yang dialami oleh guru, dan faktor penghambat yang dialami oleh orang tua. (3) upaya yang dilakukan agar pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan dapat berjalan dengan lebih baik adalah upaya yang dilakukan oleh siswa, upaya yang dilakukan oleh guru dan upaya yang dilakukan oleh orang tua siswa.
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Daring, Pendidikan Agama Hindu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:12
Last Modified: 27 Oct 2025 03:12
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item
View Item