I GUSTI DIRGA YUSA, - (2022) ITIHASA MAHABARATHA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS IX UNTUK PERKEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK MENENGAH DI SMP NEGERI 12 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
171101157_I GUSTI DIRGA YUSA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Itihasa Mahabaratha pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu merupakan pembelajaran yang syarat akan nilai pendidikan, kesusilaan dan budhi pekerti, sehingga diharapkan peserta didik agar dapat menghayati dan mengimplementasikan-nya pada kehidupan sehari-hari. Untuk itu, maka peneliti melakukan penelitian pada proses pembelajaran pendidikan agama Hindu di kelas IX pada materi Itihasa Mahabaratha untuk perkembangan karakter peserta didik menengah di SMP Negeri 12 Denpasar.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain, (1) Bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Hindu pada materi Itihasa Mahabaratha di SMP Negeri 12 Denpasar, (2) Apa saja kendala-kendala guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Hindu pada materi Itihasa Mahabaratha di SMP Negeri 12 Denpasar, (3) Bagaimana upaya guru untuk mengatasi kendala dalam proses pembelajaran pendidikan agama Hindu pada materi Itihasa Mahabaratha di SMP Negeri 12 Denpasar.
Teori yang digunakan untuk mengalisis masalah ini: teori behaviorisme, teori perkembangan moral, dan teori motivasi. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi, dan teknik analisis data. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data/display data, verifikasi/kesimpulan dan penyajian hasil analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses pembelajaran pendidikan agama Hindu kelas IX pada materi Itihasa Mahabaratha dalam di SMP Negeri 12 Denpasar adalah menggunakan kombinasi antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring (online). (2) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Hindu pada materi Itihasa Mahabaratha di SMP Negeri 12 Denpasar adalah kendala alat (sarana dan prasarana), kendala jaringan internet dan kendala kuota internet. (3) Upaya guru untuk mengatasi kendala dalam proses pembelajaran pendidikan agama Hindu pada materi Itihasa Mahabaratha di SMP Negeri 12 Denpasar adalah guru lebih toleran atau memberikan kelonggaran waktu untuk mengumpulkan tugas atau mengirim jawaban ulangan harian, PTS dan PAS. Khusus bagi peserta didik yang tidak memiliki hp/smartphone sekolah akan memberikan ringkasan materi, dan lembar soal tugas atau ulangan yang dapat diambil di ruangan staf tata usaha.
Kata Kunci : Itihasa Mahabartha, Pendidikan Agama Hindu, Perkembangan Karakter Peserta Didik Menengah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:19 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:19 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/994 |

